CARA PEMESANAN TIKET KERETA API DI TOPINDOKU
Berikut ini merupakan panduan pemesanan tiket kereta api di Topindoku dengan mudah
Buka Aplikasi Topindoku.
Masuk ke menu lainnya pada halaman Utama Aplikasi.
Scroll ke bawah hingga menemukan Tiket Kereta pada kategori Travel.
Masuk ke halaman pemesanan tiket dengan pilih tombol atau icon Tiket Kereta.
Pilih stasiun keberangkatan dengan pilih kolom Asal Stasiun.
Lakukan pencarian stasiun, sesuai stasiun yang diinginkan.
Pilih stasiun jika stasiun yang dicari telah ditemukan.
Pilih stasiun tujuan dengan pilih kolom Tujuan Stasiun dan lakukan proses seperti pada pemilihan stasiun keberangkatan.
Lalu pilih tanggal keberangkatan dengan pilih kolom Tanggal Pergi yang berlogo kalender.
Kemudian pilih jumlah penumpang yang akan berangkat dengan pilih kolom yang berlogo orang / manusia.
Jika semua sudah sesuai, kemudian pilih tombol Cari Tiket.
Pilih tiket kereta sesuai kebutuhan pada halaman daftar tiket kereta.
Masuk halaman Form Pemesanan, Cek detail pemesanan.
Kemudian isi data pemesan dan juga data penumpang yang akan ikut dalam keberangkatan.
Perlu diperhatikan pada bagian Data Pemesan harus mengisi alamat email yang digunakan, karena untuk e-tiket akan dikirim melalui email ke email tersebut.
Isi semua data sesuai kartu identitas, jika sudah selesai dapat pilih tombol Lanjut pada Form Pemesanan.
Klik tombol Lanjutkan pada notifikasi konfirmasi untuk kemudian masuk ke halaman Konfirmasi Pembayaran.
Scroll ke bawah untuk memastikan semua data dan produk tiket yang dipilih.
Kemudian klik tombol Bayar jika semua sudah sesuai.
Klik tombol Ya pada notifikasi konfirmasi.
Kemudian masukan PIN untuk melakukan pembayaran pemesanan tiket.
Masuk ke halaman sukses jika saldo mencukupi dan pin valid.
Pemesanan tiket selesai dan tiket akan dikirim melalui email.
CARA MENGGUNAKAN E-TIKET KERETA API UNTUK CHECK-IN DI STASIUN
Setelah menerima e-tiket yang diterima melalui email, perhatikan jadwal keberangkatan terutama jamnya ya. Kemudian di hari keberangkatan pastikan datang lebih awal, minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan ya untuk menghindari keterlambatan atau ketinggalan kereta. Pastikan juga untuk membawa e-tiket dari Topindoku (softcopy atau hardcopy) ke stasiun keberangkatan yang telah dipilih sesuai pada aplikasi dan yang tertera pada e-tiket.
Setelah tiba di stasiun keberangkatan ikuti langkah berikut untuk check in dan mendapatkan Tiket :
Pergi ke mesin check in yang ada pada stasiun.
Buka emailmu dan temukan e-tiketnya.
Masukkan kode booking atau scan barcode ke mesin check in.
Selesai, tiketmu dalam proses pencetakan. Tunggu hingga proses selesai di cetak.
Untuk cetak Tiket pada mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) dapat ikuti langkah berikut :
Datangi mesin CTM yang ada di stasiun.
Masukkan kode booking di kolom isian Kode Pemesanan atau Scan Barcode yang ada pada e-tiket
Klik tombol Cari.
Kemudian tampilan informasi perjalanan.
Cek kembali data pemesanan yang tampil di layar. Jika sudah sesuai, dapat klik tombol Cetak.
Ambil Tiket yang sudah dicetak pada mesin CTM.
Tunjukkan Tiket beserta kartu identitasmu ke petugas stasiun agar bisa masuk ke dalam peron.
CARA REFUND TIKET KERETA API
Kamu bisa loh membatalkan atau mengajukan pengembalian dana (refund) untuk tiket Kereta Api. Sesuai kebijakan dari PT. KAI, pembatalan dan refund harus dilakukan langsung di stasiun Kereta Aapi untuk keperluan verifikasi.
Hal penting yang harus diperhatikan terkait proses refund tiket kereta api di stasiun:
Pembatalan dilayani di loket stasiun khusus paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.
Tunjukkan bukti identitas asli sesuai data yang tercantum pada Tiket beserta salinannya (fotocopy).
Biaya pembatalan sebesar 25% dari tarif Kereta Api.
Pengembalian dana dilakukan setelah hari ke-30 melalui transfer atau diambil tunai di stasiun yang ditunjuk dengan menyerahkan formulir pembatalan yang diisi saat pembatalan dan sudah divalidasi serta menunjukkan bukti identitas asli yang sesuai pada Tiketnya